Selasa, 25 Maret 2014

KEBANGGAAN SEBAGAI BANGSA INDONESIA


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD 2
Tentang
KEBANGGAAN SEBAGAI BANGSA INDONESIA




Oleh Kelompok 7:
1.      Anggia Rahmadini (1200631)
2.      Ezy Zurriyati (1200651)
3.      Fani Septika (1200606)
4.      Kessy Yolanda Resti (1200591)
5.      Vivi Deswita (1200633)


                                                     SEKSI: Reguler 13

Dosen Pembimbing: Dra. Asnidar, M.Pd


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UPP IV BUKITTINGGI
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2014
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Negara Indonesia disebut juga dengan istilah Nusantara. Nusantara berasal dari kata “nusa” dan “antara”. “nusa” berarti pulau atau kepulauan, sedangkan “antara” artinya di antara. Nusantara diartikan sebagai satu kesatuan wilayah kepulauan di antara pulau-pulau.
Satu nusa memiliki makna bahwa seseorang harus memiliki satu tanah air yang sama, yaitu tanah air Indonesia. Satu bangsa memiliki satu makna walaupun kita berasal dari suku yang berbeda, tetapi kita tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. Adapun satu bahasa memiliki makna untuk mewujudkan persatuan bangsa.
Banyak di antara kita yang belum mengetahui dengan dalam tentang kebanggaan sebagai bangsa Indonesia Oleh karena itu, untuk mengecek seberapa besar pengetahuan pembaca tentang kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, keadilan maka disusunlah makalah ini demi menambah pengetahuan pembaca tentang materi tersebut.

1.2  Tujuan Penulisan
Tujuan tim penulis dalam penulisan makalah ini yaitu:
1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah PKn SD 2
2.      Untuk mengetahui bagaimana kebanggaan kita sebagai bangsa indonesia
3.      Untuk mengetahui apa saja keunggulan yang di miliki bangsa Indonesia
4.      Untuk mengetahui alasan bangga sebagai bangsa indonesia

1.3  Rumusan Masalah
2.1  Bagaimanakah kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia?
2.2  Apa saja keunggulan bangsa Indonesia yang patut kita banggakan?
2.3  Apa alasan yang menyebabkan kita bangga sebagai bangsa Indonesia?







BAB II
PEMBAHASAN

2.1  KEBANGGAAN SEBAGAI BANGSA INDONESIA
            Indonesia adalah Negara kepulauan. Hal ini dibuktikan dari nama lain Indonesia, Yaitu Nusantara, yang berarti diantara nusa atau diantara pulau. Jadi, Indonesia terdiri diantara Pulau-pulau. Sebagai Negara kepulauan jumlah pulai yang besar dan kecil yang terbesar diwilayah Indonesia sekitar 17.508 buah pulau. Pulau pulau tersebut terletak dipersimpangan dunia, yaitu diantara dua samudra dan diantara dua benua, kedua samudra itu adalah samudra hindia dan samudra fasifik, serta diantara Benua asia dan benua Australia. Begitulah indahnya pulau-pulau yang terletak di wilayah Indonesia yang membujur di garis Khatulistiwa sehingga diibaratkan bagaikan “Untaian Ratna Mutu Manikan atau Zamrud Khatulistiwa”
            Sekalipun wilayah Indonesia tersebar diantara pulau-pulau yang jumlahnya lebih dari 17.000, namun hal tersebut tidak menjadikan bangsa Indonesia bercerai berai, namun justru menjadi perekat untuk semakin meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini dikarenakan secara yuridis formal bangsa indonesia telah mempunyai landasan yang kuat, missal sebagai berikut ini :
            Pembukaan UUD 1945, Khususnya alinea 2 secara tegas menyatakan sebagai berikut.
Dan perjangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa menghantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.
            Dengan demikian, Jelaslah bahwa setelah kita berhasil melaksanakan perjuangan  melepaskan diri dari belenggu penjajahan maka tujuan yang hendak dicapai oleh oleh bnagsa Indonesia adalah mewujudkan bangsa negara yang merdeka, bersatu dan berdaulat yang adil dan damai. Jadi Negara yang hendak kita bentuk ini bukan Negara serikat atau federal, tetapi jelas Negara kesatuan. Konsekuensi nya pemerintah Negara Republik Indonesia harus mampu melindungi kepentingan seluruh warga Negara, termasuk menjaga keselamatan bangsa dan tumpah darahnya, sebagaimana di tekadkan dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV yang berbunyi  “… Pemerintah Negara Indonesia yag melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia… “
            Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan secara tegas bahwa Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk Republik. Dengan Demikian, sekalipun secara nyata di Indonesia terdiri dari berbagai keanekaragaman yang terbesar di berbagai pulau besar dan kecil tidak menjadikan bangsa Indonesia bercerai-berai.
            Bahkan dalam sidang tahunan pertama MPR telah mengeluarkan TAP khusus tentang persatuan dan kesatuan bangsa ini, yaitu melaui ketetapan Nomor V/MPR/2000 tentang pemantapan persatuan dan kesatuan Nasional.
            Adapun yang dimaksud dengan bangsa. Secara umum adalah kesatuan orang-orang yang mempunyai kesamaan asal keturunan, adat istiadat, bahasa dan sejarahnya. Sementara itu, menurut Ernest Renan bangsa Indonesia terbentuk dari orang-orang yang mempunyai  persamaan latar belakang sejarah, pengalaman serta perjuangan yang sma adalam mencapai hasrat untuk bersatu.
            Dengan mengkaji rumusan pengertian bangsa diatas, dapat disimpulkan bahwa terbentuknya bangsa karena adanya kesamaan dalam hal :
1.      Latar belakang sejarah
2.      Pengalaman
3.      Perjuangan dalam mencapai kemerdekaan,
4.      Keturunan,
5.      Adat istiadat,
6.      Bahasa.
            Jadi, sekalipun bangsa Indonesia beraneka ragam, namun karena diikat oleh adanya kesamaan latar belakang sejarah, pengalaman, perjuangan dalam mencapai kemerdekaan, keturunan, adat istiadat, dan bahasa yang diikat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia maka tetap menjadikan bangsa Indonesia bersatu padu dalam melaksankaan pembangunan.
            Keberhasilan bangsa Indonesia dalam sejarah perjuangan menegakkan dan mengisi kemerdekaan yang di proklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa. Kenyataan ini secara Yuridis formal tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea 3 yang berbunyi “Atas berkat rahmat  Allah yang maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur maka rakyat Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaanya”. Dengan demikian, jelaslah apapun yang terjadi di bumi pertiwi ini tidak terlepas dari bantuan dan Rahmat Allah yang maha kuasa, selain itu juga secara lahiriah bangsa Indonesia telah mempunyai semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang selau dijadikan pegangan dan pedoman dalam melaksanakan berbagai perjuangan sehingga rasa persatuan dan kesatuan bangsa sebagai salah satu sila Pancasila selalu terjaga dan terpelihara dengan baik.
            Berbagai krisis politik dan penghianatan terhadap bangsa Indonesia , baik yang bersumber dari dalam maupun dari luar negri dapat diatasi, terutama oleh adanya semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karenanya, untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa telah ditetapkan berbagai perangkat hukum, seperti pancasila, UUD 1945, TAP MPR, GBHN, UU Kewarganegaraan, wawasan Nusantara dan peraturan perundang-undangan lainnya.
            Numan Soemantri (1993 : 3) manyatakan bahwa nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa sebagaimana terdapat dalam perangkat perundang-undangan Negara RI patut untuk diresapi dan diamalkan oleh seluruh bangsa Indonesia dari genersi ke generasi sebagai rasa syukur kepada Allah SWT dan tebusan terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah merintis, menegakkan dan mengisi kemerdekaan.
            Melihat dan mencermati kondisi dan letak geografis wilayah Indonesia, sudah sewajarnyalah setiap insan yang merasa dirinya sebagai warga Negara Indonesia mempunyai kebanggan tersendiri. Bangga disini dalam arti merasa berbesar hati atau merasa gagah karena mempunyai berbagai kelebihan atau keunggulan. Jadi, yang dimaksud dengan bangga sebgai bangsa dan bertanah air Indonesia adalah merasa besar hati atau merasa berbesar jiwa atau merasa gagah menjadi bangsa Indonesia.
            Konsekuensinya kalau kita merasa bangga sebagai bangsa Indonesia akan selalu berupaya menjunjung tinggi nama baik bangsa dan Negara. Dimanapun kita berada. Kita juga akan selalu berupaya meningkatkan citra dan nama baik Indonesia melalui perbuatan-perbuatan nyata di masyarakat, seperti tidak merusak hutan-hutan lindung, benda-benda bersejarah apalagi memperjualbelikannya, selalu menggunakan produk dalam negeri.

2.2  KEUNGGULAN BANGSA INDONESIA  
            Keunggulan-keunggulan Bangsa Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Jumlah dan potensi penduduknya yang cukup besar, yaitu menempati urutan keempat didunia setelah RRC, India, dan amerika Serikat. Umlah penduduk yang besar merupakan potensi yang tak ternilai harganya dalam upaya mengisi dan mempertahankan kemerdekaan, termasuk sebagi modal dasar dalam melaksanakan pembangunan dalam upaya mensejahterakan bangsa.
2.      Memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan social budaya, seperti adat istiadat, bahasa, agama, kesenian dan sebagainya. Perbedaan atau keanekaragaman tersebut tidak menjadikan bangsa Indonesia bercerai-berai, namun justru merupakan potensi untuk mengembangkan dirinya menjadi bangsa yang besar. Hal ini juga didorong oleh adanya semangat persatuan dan kesatuan sehingga sekalipun terdapat perbedaan, namu buka perbedaan yang ditonjolkan, tetapi justru persamaannya.
3.      Dalam pengembangan wilayah,  kita mempunyai konsep wawasan Nusantara sehingga sekalipun terdapat berbagai keanekaragaman namun prinsipnya kita tetap satu pandangan, yaitu yang memandang bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan ideology, politik, ekonomi, social budaya , dan hukum.
4.      Semangat sumpah pemuda yang selalu merasuki jiwa dan kalbu bangsa Indonesia. Denga menunjukan bahwa kita sama-sama memahami satu wilayah Negara dan tanah air yang sama, yaitu Indonesia : sama-sama merasa berbangsa yang satu bangsa Indonesia, dan sama-sama bahasa yang sama, yaitu bhasa Indonesia serta memiliki sejarah yang sama, yaitu sejarah Indonesia. Dalam pergaulan yang ditonjolkan adalah bangsa indonesianya, bukan dari mana asal daerahnya.
5.      Memiliki tata krama atau keramah tamahan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, sejak dahulu bangsa Indonesia sangat terkenal akan keramah tamahan dan kesopan santunanya sehingga sangat menarik bangsa –bangsa lain didunia untuk datang ke Indonesia.Namun demikian, pada masa pra dan pasca reformasi ini kesopana dan keramahan bangsa Indonesia agak tercemar oleh ulah segelintir manusia yang tidak bertanggung jawab, terutama yang gemar membuat kerusuhan, kerusakan dan perangai-perangai lain yang justru membuat bangsa lain ikut dating ke Indonesia.
6.       Letak wilayahnya yang amat strategis, yaitu posisi silang dunia sehingga membuat Negara Indonesia menjadi wilayah yang mat ramai dan mudah untuk dikunjungi dan disinggahi oleh bangsa-bangsa lain.
7.      Keindahan alam Indonesia tidak disangsikan lagi, seperti dipantai-pantai bali ( pantai kuta, pantai sanur dan sebagainya), NTB, Sumatra ( Danau Toba), Jawa Barat (Pantai Pangandaran, Pantai carita, Gunung tangkuban Perahu). Keanekaragaman flora dan faunanya membuat bangsa Indonesia juga sering dikunjungi oleh bangsa-bangsa lain.
8.      Salah satu keajaiban dunia juga ada di Indonesia, yaitu berupa Candi Borobudur yang tidak sedikit menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia.
9.      Wilayah sangat luas, seperti :
a.       Luas keseluruhan wilayah Indonesia    5. 193. 250 Km2 
b.      Luas daratan                                         2. 027. 087 Km2
c.        Luas Lautan                                          3. 166. 163 Km2
10.  Tanahnya amat subur dan kaya akan sumber alam.
11.  Matahari dapat bersinar sepanjang hari.
12.  Adanya tekad yang dikemukakan oleh para pemuka agama dalam seminar dan lokakarya Rekonsiliasi Indonesia yang diselenggarakan tanggal 16-19 November 2000 di Jakarta. tekad tersebut menyatakan “Bahwa para pemuka agama, ulama dan rohaniawan mempertegas kembali komitmennya terhadap wawasan kebangsaan untuk hidup bersama tanpa membedakan identifitas etnik, agama dan kebudayaan local.

            Selain hal-hal di atas yang merupakan kondisi objektif bangsa Indonesia maka secara internasional atau mendunia, bangsa Indonesia juga sudah beberapa kali dipercaya oleh bangsa-bangsa lain untuk menyelenggarakan pertemuan-pertemuan yang bersifat internasional yang juga tidak sedikit melahirkan sejarah bagi bangsa bangsa lain, Kita masih ingat apa yang terjadi pada tahun 1955, dimana bangsa Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah dalam menyelenggarakan Konferensi asia Afrika yang dampaknya sangat luas bagi bangsa-bangsa diwilayah asia afrika dalam upaya memerrdekakan diri dari belenggu penjajah, terutama yang masih belum merdeka saat itu.
            Kita juga pernah dipercaya menjadi tuan rumah Konferensi Tingakat Tinggi Negara-negara Non Blok pada tahun 1991, dan kita juga termasuk perintis dan pendiri gerakan Non Blok tersebut. Selain itu kita juga memiliki pabrik pesawat terbang yang bernama PT. Dirgantara Indonesia ( dulu Nurtanio  kemudian berubah menjadi IPTN ) yang telah menghasilkan pesawat-pesawat yang bisa di banggakan karena kualitasnya diakui oleh Negara di dunia sehingga tidak sedikit Negara-negara lain memesan pesawat buatan PT. DI tersebut walaupun saat ini kondisinya sedang memprihatikan sebagai akibat dari krisis multi dimensi yang berkepanjangan.
            Dalam dunia olahraga, Bangsa Indonsia mempunyai atlet-atlet kelas dunia, terutama dalam cabang Bulu Tangkis, kita kenal nama-nama mulyadi, Rudi hartono, Cuncun, Johan Wahyudi, Christian Hadi Nata, Lie sumirat, Minarni, Retno, Verawaty, Susi susanti, Dan di era sekarang ada Ricky Subagja, Taufik hidayat dll, Begitu juga melalui cabang penahanan, kita pernah Berjaya di Olimpiade Seoul, Serta di cabang Tinju kita pernah punya nama Ellyas Pical, Chris John dan baru-baru ini kita juga menjadi juara dunia investasi bridge dunia.
            Sebagai Bukti rasa cinta dan bangga yang sangat mendalam terhadap wilayah tanah air, banyak diantara seniman-seniman kita yang mereflesikan dalam bentuk syair ataupun lagu.Kita masih ingat ada lagu “rayuan pulau kelapa” yang dikarang Ismail Marzuki, kita juga masih ingat ada beberapa lagu karya Koes Plus yang diberi judul Nusantara dan Kolam susu yang menggambarkan betapa indah dan suburnya keadaan alam Indonesia.
            Semuanya itu sudah barang tentu merupakan alasan yang sangat objektif untuk menjadikan kita merasa bangga sebagai bangsa Indonesia. Perasaan bangga sebagai bangsa Indonesia sudah barang tentu bukan hanya sekedar menjadi retorika belaka, tetapi harus dibuktikan dengan karya-karya nyata, baik dalam bentuk partisipasi dalam pembangunan ataupun dalam bentuk karya-karya yang dihasilkannya

2.3  ALASAN BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA
Alasan yang menyebabkan kita harus bangga sebagai bangsa Indonesia adalah sebagai
1.      Kita mendirikan bangsa ini dengan perjuangan sendiri yang didukung oleh kecerdasan, keberanian, dan kerelaan berkorban Dengan darah dan air mata, serta semangat menyatukan segala perbedaan, kita berhasil mengumandangkan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945 dan mengusir penjajah dari tanah air yang kita cintai ini. Kita adalah bangsa pejuang.
2.      Kita patut bangga dengan karunia yang telahkan dilimpahkan Tuhan kepada bangsa ini, baik berupa kekayaan budaya dan kekayaan alamnya. Bangsa kita terdiri atas lebih dari 900 suku bangsa, 400 lebih bahasa daerah dan dialek dengan warisan adat istiadat, cara hidup dan kearifan masing-masing. Ada bermacam-macam upacara budaya, busana, tarian, musik, dan seni tradisional lainnya, serta berbagai makanan khas daerah. Berbagai karya budaya kita seperti wayang, keris, batik, angklung, dan tari saman serta banyak lagi kebudayaan lain telah diakui oleh organisasi dunia, UNESCO, sebagai warisan budaya dunia tak benda. Negeri kita adalah negeri kepulauan yang sungguh indah dengan lebih dari 17.500 pulau dengan panjang tidak kurang dari 5.000 kilometer yang terbentang dari Timur ke Barat. Kita memiliki pantai terpanjang dan terindah. Tidak banyak bangsa dan negara lain yang mendapat karunia Tuhan seperti ini. Kita patut bangga dan tentu tidak lupa bersyukur menjadi bangsa terpilih untuk mendapatkan karunia yang amat berharga ini
3.      Bangsa kita berasal dari peradapan yang tinggi. Kita memiliki banyak sekali warisan benda cagar budaya, termasuk candi dan situs bersejarah lainnya. Candi dan situs yang tersebar di seluruh nusantara ini adalah bukti bahwa sejak dulu, bangsa ini telah memiliki peradaban yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain. Kita memiliki catatan sejarang tentang kejayaan Sriwijaya, Majapahit, dan kerajaan-kerajaan besar lainnya yang pernah ada di kepulauan Indonesia dan pada masanya amat dikenak seta disegani oleh bangsa bangsa lain.

            Oleh sebab itu janganlah kita silau memandang semua yang serba asing. Apalagi mengagung-agungkan kehebatan bangsa lain. Yang asing belum tentu lebih baik dari apa yang sudah kita miliki. Kita harus memandang bahwa bangsa kita berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan bangsa bangsa lain. Kita memiliki banyak hal yang baik-baik yang belum tentu dimiliki oleh bangsa lain.
            Oleh karena itu pula, jangan pernah menjelek-jelekkan bangsa sendiri, sebuah kebiasaan yang buruk yang jelas-jelas akan menghambat kemajuan kita semua sebagai bangsa. Semua bangsa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan biarkan ada orang yang merendahkan martabat bangsa kita di mana pun dan kapan pun kita berada.
























BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
            Indonesia adalah Negara kesatuan yang terdiri dari beribu-ribu pulau, baik pulau besar ataupun pulau kecil yang jumlahnya mencapai 17. 508 buah sehingga mendapat julukan nusantara. Indonesia adalah Negara yang terletak diposisi silang dan diantara 2 samudra benua yang menyebabkan Indonesia berada dalam posisi yang strategis.
            Kebanggan akan bangsa Indonesia ini semakin lengkap karena kita mempunyai berbagai keunggulan yang tidak dimiliki bangsa lain, seperti jumlah dan potensi penduduk yang besar, keanekaragaman sosial budaya, keindahan alam dan fauna,konsep wawasan nusantara dalam pengembangan wilayahnya, semangat sumpah pemuda,memiliki tata krama dan kesopanan yang tidak dimiliki bangsa lain,letak wilayahnya yang sangat strategis dan salah stu keajaiban dunia ada di Indonesia, yaitu Candi Borobudur, selain itu kita juga telah dipercaya menjadi tuan rumah dari berbagai konferensi internasional, seperti konferensi Asia afrika, KTT Gerakan Non Blok.


3.2  Saran
            Demikianlah makalah ini kami sajikan, apabila terdapat kesalahan dalam makalah kami, kritik dan saran sangat kami harapkan. Tiada gading yang tak retak, tiada manusia tanpa ada kesalahan.



Udin S. winataputra, dkk. 2007. Materi dan pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

1 komentar:

  1. terimakasih mbak sangat berguna infonya.
    sekedar share ni bagi teman-teman yang ingin menghasilkan uang
    lewat smartphone ataupun komputer hanya dengan memasukan angka-angka maka akan dibayar sebesar 0,1 US Dolar.
    buktikan sendiri. saya sudah mencoba. silahkan daftarkan email anda di https://goo.gl/YYy2PY bukan spam, virus, hoax. buktikan sendiri.

    BalasHapus